Pengikut

Senin, 17 Desember 2018

ABSTRAK Manajemen Mutu Pendidikan



ABSTRAK

Judul Buku :  Manajemen Mutu Pendidikan
Pengarang  : Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd
                   : Prof. Dr. Hj. Nurhayati B., M.Pd
Tahun Terbit : 2014
Penerbit : Alfabeta Bandung

Rumusan masalah di dalam buku ini adalah: a). Mutu pendidikan dan permasalahanya, b). Supervisi pengajaran sebagai alat manajemen mutu terpadu dalam pendidikan, c). Kontribusi dan peranan supervisi kepala sekolah yang berbasis manajemen mutu terpadu, d). Mutu sebagai fokus perhatian dan sasaran supervisi pengajaran, E. Mutu proses dan hasil belajar mengajar berbasis manajemen mutu terpadu. Tujuanya adalah para guru dan semua staf sekolah memiliki pengetahuan dan wawasan tentang manajemen mutu dalam pendidikan.

Berdasarkan data dari dalam buku ini dijelaskan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masi jauh yang diharapkan.  Dalam persepektif makro faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan yaitu faktor kurikulum, kebijakan pendidikan, fasilitas pendidikan, dan aplikasi teknologi informasi dan komukasi, sedangkan dalam perspekti mikro faktor yang mempengaruhi ialah guru yang profesional dan guru yang sejahaterah. Supervisi adalah upaya bantuan kepada guru agar guru pengajaran pada dasarnya mengandung makna praktis. Tujuan supervisi adalah untuk memantau dang mengawasi kinerja para staf sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru di sekolah banyak faktor yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah yaitu selain faktor internal juga faktor eksternal. Urgensi mutu dapat dilihat dalam dua persepektif, yaitu manajemen operasional dan pemasaran.  Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen mutu sangat berpengaruh terhadap kinerja. Mutu proses belajar mengajar diartikan sebagai mutu dari aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru dan mutu aktivitas  belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Sedangkan mutu hasil proses belajar mengajar ialah mutu dari aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru dan mutu aktivitas mengajar yang dilakukan oleh peserta didik. Berbagai ahli pendidikan di Indonesia dan diluar negeri menyintesiskan bahwa mutu proses dan mutu hasil belajar dapat dilihat dari beberapa indikator. Dalam mutu proses dan mutu hasil belajar mengajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi.

Kesimpulan dari isi buku adalah dalam proses pembelajaran harus menerapkan manajemen mutu terpadu khususnya guru dalam mengontrol dan menjamin mutu proses pembelajaran dan hasil pembelajaran di kelas, karena hanya dengan tindakan kontrol mutu dan penjaminan mutu yang dilakukan oleh guru mutu pendidikan nasional dapat ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar