ABSTRAK
Judul
Buku : Manajemen Mutu Pendidikan
Pengarang : Prof. Dr. H. Abdul Hadis,
M.Pd
: Prof. Dr. Hj. Nurhayati B., M.Pd
Tahun
Terbit : 2014
Penerbit : Alfabeta Bandung
Rumusan
masalah di dalam buku ini adalah: a). Mutu pendidikan dan permasalahanya, b). Supervisi
pengajaran sebagai alat manajemen mutu terpadu dalam pendidikan, c). Kontribusi
dan peranan supervisi kepala sekolah yang berbasis manajemen mutu terpadu, d).
Mutu sebagai fokus perhatian dan sasaran supervisi pengajaran, E. Mutu proses
dan hasil belajar mengajar berbasis manajemen mutu terpadu. Tujuanya adalah
para guru dan semua staf sekolah memiliki pengetahuan dan wawasan tentang
manajemen mutu dalam pendidikan.
Berdasarkan
data dari dalam buku ini dijelaskan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masi
jauh yang diharapkan. Dalam persepektif
makro faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan yaitu faktor kurikulum,
kebijakan pendidikan, fasilitas pendidikan, dan aplikasi teknologi informasi
dan komukasi, sedangkan dalam perspekti mikro faktor yang mempengaruhi ialah
guru yang profesional dan guru yang sejahaterah. Supervisi adalah upaya bantuan
kepada guru agar guru pengajaran pada dasarnya mengandung makna praktis. Tujuan
supervisi adalah untuk memantau dang mengawasi kinerja para staf sekolah dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Dalam upaya untuk meningkatkan
profesionalisme guru di sekolah banyak faktor yang harus diperhatikan oleh
kepala sekolah yaitu selain faktor internal juga faktor eksternal. Urgensi mutu
dapat dilihat dalam dua persepektif, yaitu manajemen operasional dan
pemasaran. Berbagai hasil penelitian
membuktikan bahwa manajemen mutu sangat berpengaruh terhadap kinerja. Mutu
proses belajar mengajar diartikan sebagai mutu dari aktivitas mengajar yang
dilakukan oleh guru dan mutu aktivitas
belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Sedangkan mutu hasil proses
belajar mengajar ialah mutu dari aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru
dan mutu aktivitas mengajar yang dilakukan oleh peserta didik. Berbagai ahli pendidikan
di Indonesia dan diluar negeri menyintesiskan bahwa mutu proses dan mutu hasil
belajar dapat dilihat dari beberapa indikator. Dalam mutu proses dan mutu hasil
belajar mengajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi.
Kesimpulan dari isi buku adalah dalam proses pembelajaran harus menerapkan manajemen mutu terpadu khususnya
guru dalam mengontrol dan menjamin mutu proses pembelajaran dan hasil
pembelajaran di kelas, karena hanya dengan tindakan kontrol mutu dan penjaminan
mutu yang dilakukan oleh guru mutu pendidikan nasional dapat ditingkatkan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar